Welcome To My Paradise

Minggu, 30 April 2017

Review Jurnal 5


5.
Nama Jurnal
Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE)
Volume / Halaman
Vol. 22, No. 1
Nama Penulis
Ririn Hendriyani dan Afrizal Tahar
Judul Jurnal
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat PengungkapanLaporan Keuangan Pemerintah Provinsi Di Indonesia
Tanggal Jurnal
Maret 2015
Tujuan Penelitian
Tujuan utama penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan dalam laporankeuangan dari pemerintah provinsi di Indonesia.
Metode Penelitian
Metode purposive sampling
Hasil Penelitian
1.Tingkat ketergantungan berpengaruh negative terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi. Hal ini menunjukkan bahwa dana alokasi umum yang diterima daerah tidak mempengaruhi tingkat pengungkapan.
2.PendapatanAsli Daerah tidakberpengaruhterhadaptingkatpengungkapanlaporankeuanganpemerintahprovinsi. Pendapatanaslidaerahmenunjukkan, bahwatingginyatingkatkekayaansuatudaerahtidakakansecaraotomatismelakukanpengungkapaninformasi yang tinggi pula.
3.Belanja modal memilikipengaruhsignifikanterhadaptingkatpengungkapanlaporankeuanganpemerintahprovinsi. Belanja modal memilikipengaruhsignifikanterhadaptingkatpengungkapanlaporankeuanganpemerintahprovinsi.
4.Jumlahpenduduk, menunjukanbahwajumlahpendudukmerupakanproksidaritingkatkompleksitaspemerintah. Semakintinggijumlahpendudukmakasemakinkomplekspemerintahantersebutsehinggasemakintinggitingkatpengungkapannya.
5.Temuan audit tidakberpengaruhterhadaptingkatpengungkapanlaporankeuanganpemerintahprovinsi. Temuan audit tidakberpengaruh, disebabkankarena BPK akanmemberikan saran kepadapemerintahprovinsiuntukmemperbaikitemuan-temuan audit yang merekatemukan, denganadanyaperbaikanmakaopini yang diberikanakanmendapatkanopiniwajar. Sehinggajumlahtemuan audit tidakberpengaruhterhadaptingkatpengungkapan.
Kesimpulan Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian dapat  ditarik kesimpulan yaitu tingkat ketergantungan berpengaruh negative terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, Pendapatan Asli Daerah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, Belanja modal memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, Jumlah penduduk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi, dan Temuan audit tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah provinsi.
Pendapat Mengenai Jurnal
Menurut saya secara keseluruhan isi dari jurnal ini sudah baik, hanya saja terdapat beberapa variabel independen yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Hal tersebut mungkin dapat dipengaruhi oleh factor lingkugan, social dan objek yang diteliti.


Referensi :
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=440976&val=548&title=ANALISIS%20FAKTOR-FAKTOR%20YANG%20MEMENGARUHI%20TINGKAT%20PENGUNGKAPAN%20LAPORAN%20KEUANGAN%20PEMERINTAH%20PROVINSI%20DI%20INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar