Welcome To My Paradise

Minggu, 30 April 2017

Review Jurnal 6


6.
Nama Jurnal
Jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Volume / Halaman
Vol. 2, No. 2
Nama Penulis
Ivan HaryantodanDiana Wibisono
Judul Jurnal
Penentuan Nilai Tukar Mata Uang Asing dengan MenerapkanKonsep Paritas Daya Beli
Tanggal Jurnal
September 2000
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan melihat sensitivitas perubahan indeksharga konsumen terhadap perubahan nilai tukar mata uang tiap negara terhadapDolar Amerika serta menguji apakah terdapat perbedaan secara signifikan antaranilai tukar aktual dengan nilai tukar berdasarkan konsep paritas daya belinya.
Metode Penelitian
Menggunakan alat Analisa ujihipotesa One sample of mean. Pertamamenggunakanfungsiregresi linier bergandadanKeduamenggunakanfungsiregresikuadratik.
Hasil Penelitian
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwadalamjangkapanjang, nilaitukar actual akanbergerakkembalimendekatinilaitukarparitasdayabelinya. Sebaliknyadalamjangkapendek, nilaitukaraktualdannilaitukarparitasdayabelinyaseringkalimengalamidisekuilibrium. Ditemukan juga bahwasetiapperubahanpositifdayabelimasyarakatmenyebabkanadanyaperubahanpositifnilaitukaraktualmatauangsetiapnegara, kecualinegaraJepang.
Kesimpulan Penelitian
Konsep paritas daya beli baru benar-benar dapat diterapkan dengan tepat jika,pertama, biaya transportasi dan hambatan perdagangan turut dihitung dalamperhitungan konsep ini. Kedua, kondisi pasar yang kondusif untuk menerapkan konseptersebut dengan tepat adalah pasar persaingan sempurna, bukan monopolistik maupunoligopolistik. Karena, dalam pasar persaingan sempurna, harga produk yangdiperdagangkan cenderung sama di semua negara. Ketiga, barang dan jasa yangdihitung harus merupakan barang dan jasa yang diperdagangkan secara internasional,disamping itu, keempat, setiap negara harus memiliki komoditi acuan yang sama.

Pendapat Mengenai Jurnal
Keseluruhan isi dari jurnal ini sudah baik, hanya saja dalampenelitianselanjutnyaperludilakukanpenelitianlapangan yang lebihmendalamuntukmengetahuikondisitertentu yang terjadidalamduniaataunegara yang menjadiobjekpenelitian.

Referensi :
http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewFile/15600/15592





Tidak ada komentar:

Posting Komentar